Selasa, 27 Oktober 2015

Pantai Iboih dan Pulau Rubiah, Tempat Wisata Sabang yang Memukau

sumber: google.com
Jernihnya air di Pantai Iboih

Aceh merupakan provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sumatra, tepatnya berada paling barat dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Berbatasan dengan Laut Andaman, Teluk Benggala, serta Samudra Hindia membuat Aceh menjadi salah satu tempat dengan pesona pantai yang sangat mempesona.

Berkunjung ke Aceh rasanya belum lengkap apabila belum menikmati keindahan alamnya yang memukau. Provinsi Aceh seolah menjadi pintu gerbang menuju keindahan alam Indonesia. Di Pulau Weh yang merupakan pulau terbarat di Indonesia, akan ditemukan Pantai Iboih. Pulau Weh terletak di Laut Andaman.

Sementara itu, Pantai Iboih merupakan salah satu pantai indah di Provinsi Aceh. Terletak di Kota Sabang yang merupakan kota terbesar di Pulau Weh menjadikan Pantai Iboih mudah diakses oleh para wisatawan.

Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Iboih adalah jernihnya air dan indahnya pemandangan dasar lautnya. Suasana alami di sekitar Pulau Weh pun kian menambah eksotis pemandangan pantai. Selain itu, Pulau weh pun terkenal dengan ekosistemnya. Pantai di Pulau Weh menjadi habitat hiu bermulut besar. Apabila beruntung, para wisatawan bisa melihat anak hiu yang berenang di kedalaman 2 sampai 3 meter. Tak perlu khawatir akan keganasannya, sebab hiu tak akan memangsa asalkan tak ada darah yang keluar dari tubuh. Selain hiu, di Pulau Weh juga merupakan habitat katak yang statusnya terancam, yaitu Bufo valhallae yang berasal dari genus Bufo.

Selain itu, Pulau Weh juga terkenal dengan terumbu karang yang luar biasa indahnya. Dengan air yang jernih di Pantai Iboih pasti kegiatan snorkling akan terasa lebih mengasyikkan. Kalau bernyali, para pelancong juga bisa berenang menuju Pulau Rubiah yang berada di sebelah barat laut Pulau Weh dan masih merupakan wilayah Kota Sabang. Pemandangan bawah laut di Pulau Rubiah pun tak kalah menarik dengan Pulau Weh, bahkan di para wisatawan dapat mengelilingi pulau saat diving. Sebab di sekeliling Pulau Rubiah ini terumbu karangnya sangat memukau dengan nuansa yang masih sangat alami.

Menuju ke Kota Sabang yang terletak di Pulau Weh dapat ditempuh dengan menaiki kapal cepat atau ferry dari Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh. Penyebrangan akan memakan waktu sekitar 2 jam. Sesampainya di Sabang, perjalanan menuju Pantai Iboih akan dilanjutkan dengan menaiki taksi.
sumber: google.com
Peta petunjuk letak Pelabuhan Ulee Lheue, Pantai Iboih, dan Pulau Rubiah
Pantai Iboih menjadi pilihan untuk menginap ketika berkunjung ke Pulau Weh. Tak perlu khawatir sebab di Pantai Iboih terdapat banyak tempat penginapan. Selain tempatnya yang nyaman dan murah, masyarakat di sekitar Pantai Iboih pun terkenal akan keramahannya. Jadi selain dapat menikmati pemandangan pantai yang indah, para wisatawan pun dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, menambah wawasan mengenai Aceh.

1 komentar:

  1. Menurut pendapat saya, Pantai iboih merupakan pantai yang sangat cantik untuk dikunjungi. Keindahan alam lautnya dengan air yang jernih, sangat puas untuk dinikmati.

    BalasHapus